Sabtu, 10 Mei 2014

SALURAN DISTRIBUSI

SALURAN DISTRIBUSI

A.   Sifat Saluran Distribusi Pemasaran
Saluran Distribusi adalah seperagkat atau sekelompok organisasi yang saling bergantung yang terlibat dalam proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi pengguna atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial.

Fungsi distribusi pemasaran:
1.    Informasi
Sebagai sarana pengumpulan informasi yang diperlukan untuk perencanaan dan memudahkan pertukaran
2.    Promosi
Sarana untuk pengembangan dan penyebaran komunikasi yang persuasive mengenai tawaran
3.    Hubungan
Sarana untuk pencarian dan berkomunikasi dengan calon pembeli
4.    Pemadanan
Sarana untuk pembentukan dan penyesuaian tawaran dengan kebutuhan pembeli.
5.    Perundingan
Usaha untuk mencapai persetujuan akhir atas harga dan ketentuan lainnya mengenai tawaran agar peralihan kepemilikan dapat terjadi
6.    Distribusi Fisik
Pengangkutan dan penyimpanan barang
7.    Pembiayaan
Perolehan dan penyebaran dana untuk menutup biaya pekerjaan saluran pemasaran
8.    Pengambilan Resiko
Menerima adanya resiko dalam hubungan dengan pelaksanaan saluran pemasaran.

B.   ORGANISASI SALURAN DISTRIBUSI
Saluran distribusi dapat di diskripsikan oleh jumlah tingkat saluran yang terlibat. Tingkat Saluran adalah setiap tingkatan perantara pemasaran yang dilakukan semacam tugas dalam membawa produk dan pemiliknya dekat dengan pembeli akhir.
1. Saluran 1, disebut Saluran Pemasaran Langsung yaitu sebuah saluran pemasaran yang tidak memiliki tingkat perantara. Jadi, barang disampaikan dari pabrik langsung ke konsumen. Misalnya Tupperware menjual produknya dari rumah kerumah.
2. Saluran 2, disebut Saluran Pemasaran Tidak langsung yaitu saluran yang trerdiri dari satu tingkat perantara atau lebih Dalam pasar konsumen, tingkat ini biasanya adalah pedagang pengecer. Misalnya, pabrik televisi, kamera,ban, mebel dsb.
3. Saluran 3, terdiri dari 2 tingkat perantara yaitu seorang tengkulak (pedagang besar) dan pengecer. Saluran ini digunakan oleh pabrik kecil penghasil makanan, obat, dan aneka produk.
4. Saluran 4, terdiri dari 3 tingkat perantara. Dalam industri daging kemasan, misalnya jobber biasanaya muncul diantara pedagang besar dan pedagang eceran. Jobber membeli dari pedagang besar dan menjual pada pedagang eceran yang lebih kecil yang biasanya tidak dilayani oleh pedagang besar.
Semua lembaga dalam saluran dihubungkan dalam beberapa tipe arus, termasuk arus fisik produk,arus kepemilikan, arus pembayatan, arus informasi, dan arus promosi.
C.   DISTRIBUSI FISIK DAN LOGISTIK
                       1.Manajemen Distribusi Fisik      Manajemen distribusi fisik (physical distribution management) adalah memastikan      produk tersebut sampai pada tempat yang benar dan pada waktu yang tepat. Distribusi      fisik melibatkan perencanaan, dan pengendalian aliran fisik bahan dan barang akhir darI
      titik awal ke titik pemakai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan mendapatkan
      keuntungan. Physical distribution mempunyai makna penyaluran barang jadi sejak pesanan
      diterima sampai barang tersebut dikirimkan kepada konsumen.
2. Manajemen Logistik
Menurut Ballaou (1985), management logistik adalah manajemen dari seluruh aktivitas pergerakan-penyimpanan (move store) dan aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan titik-titik pengumpulan/ asal (point of acquisition) dan titik-titik konsumsi/ tujuan (point of consumption).
Bowersox, 1995 menyatakan bahwa dalam arti luas ruang lingkup logistik meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan pergerakan (barang) dari, ke, dan di antara fasilitas-fasilitas yang ada dalam perusahaan.
Dengan demikian, logistik atau logistic business mempunyai pengertian yang lebih luas yaitu tidak hanya membahas penyaluran barang dari perusahaan kepada konsumen tetapi juga menyangkut penyaluran bahan baku dari pemasok ke perusahaan yang dibutuhkan dalam proses produksi.
Dari bagan tersebut, terlihat bahwa, physical distribution management mempunyai hubungan yang erat dengan transportasi, perencanaan distribusi, pembelian, proses pesanan, pengendalian persediaan dan pergudangan.

Tidak ada komentar: