A.
Pengertian
dan Ruang Lingkup Pemasaran
1.
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta
mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
2.
Unsur
Pemasaran
Pemasaran
memiliki 9 unsur inti yang berpengaruh:
- Kebutuhan
Masyarakat
- Keinginan
Masyarakat
- Permintaan
Masyarakat
- Produk
yang diciptakan
- Nilai
dan Kepuasan yang diperoleh
- Pertukaran
- Transaksi
- Relationship
- Pasar
3.
Konsep
Pemasaran
Pemasaran
berarti bekerja dengan pasar untuk mewujudkan pertukaran potensial dengan
maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga konsep pemasaran
kembali lagi pada definisi pemasaran yaitu sebagai proses dimana individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan menciptakan
dan menukarkan produk atau jasa dengan sesamanya.
4.
Falsafah
dan Pemikiran Pemasaran
Falsafah
pemasaran terdiri dari 5 unsur konsep:
- Konsep Produksi,
pada konsep ini manajemen berkonsentrasi pada peningkatan efisiensi distribusi
dan produksi
- Konsep Produk,
pada konsep ini perusahaan dituntut untuk menawarkan mutu dan kinerja yang
terbaik, sehingga perusahaan harus secara kontinu melakukan perbaikan pada
produk.
- Konsep Penjualan,
pada konsep ini perusahaan akan menjalankan suatu usaha promosi dan penjualan
terhadap produk yang dihasilkan.
- Konsep Pemasaran,
pada konsep ini perusahaan akan dituntut untuk memproduksi apa yang diinginkan
dan dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga perusahaan mendapatkan laba dari hasil
produksi tersebut.
- Konsep Pemasaran Masyarakat,
pada konsep ini perusahaan dituntut untuk dapat menentukan kebutuhan dan
keinginan masyarakat sehingga secara efektif dan efisien dibandingkan para
pesaing. Konsep ini merupakan konsep kembangan dari konsep Pemasaran. Pada
konsep ini perusahan dituntut untuk lebih memikirkan keseimbangan 3 aspek;
Masyarakat, Konsumen, Perusahaan.
B.
Perkembangan
dan Sejarah Pemasaran
Pemasaran pertama kali diajarkan dalam
kelas di University of Michigan tahun 1906 oleh ED.Jones. Dari sudut
Advertising, pemasaran sudah berkembang lebih dulu pada abad-19. Pada masa itu
ilmu tentang pemasaran berkembang. Saat itu pemasaran dibagi menjadi 3
komponen, yaitu Advertising, Selling dan Distribution.
Lalu Ilmu pemasaran juga ikut berkembang
di lingkup akademisi. Pada masa ini ilmu pemasaran mengalami modernisasi
pemikiran dan pemanfaatan ilmu-ilmu laun yang relevan dalam bidang pemasaran
seperti psikologi sosial.
Pemasaran juga berkembang di kelompok
konsultan, dimana pemikiran para konsultan cenderung mengarah pada pengamatan
dan observasi yang bersifat subjektif.
Pada kelompok praktisi, ilmu pemasaran
lebih berorientasi pada pengalaman pribadi selama mereka bekerja di bidang
pemasaran, sehingga pemikiran mereka cenderung aplikatif.
Perkembangan pemasarang kekinian seperti
Customer Relationship Marketing, Precision Marketing, Marketing on the
Internet, membuktikan bahwa perkembangan ilmu pemasaran juga dipengaruhi oleh
perkembangan tekhnologi khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi
C.
Konsep
dan Orientasi Pemasaran
Peter Drucker, mengatakan bahwa Tujuan
pemasaran adalah membuat penjualan berlebihan. Manajemen Pemasaran adalah
analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang
untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan
dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
Ada 4 alternatif jawaban untuk Tujuan
Sistem Pemasaran:
- Memaksimumkan
Konsumsi
- Memaksimumkan
Kepuasan Konsumen
- Memaksimumkan
Mutu Hidup
- Memaksimumkan
Pilihan
D.
Fungsi
Universal dan Tantangan Pemasaran
Pemasaran beroperasi dalam lingkungan
global yang dinamis. Terdapat 3 unsur yang menjadi kekuatan kunci yang mempengaruhi
dan menjadi tantangan bagi pemasaran untuk berkembang:
1.
Globalisasi
yang Cepat
Pada
saat ini pemasaran memasuki sebuah lingkungan yang lebih kompleks karena
banyaknya alternative yang ditawarkan oleh tekhnologi.
2.
Ekonomi
Dunia yang Berubah
Keadaan
ekonomi menciptakan masalah sekaligus peluang bagi pemasaran.
3.
Perlunya
etika dan Tanggung Jawab Sosial yang lebih besar
(sumber:
Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1: Philip Kotler dan Wikipedia)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar