Sabtu, 19 April 2014

MENDESAIN PRODUK, MEREK, KEMASAN DAN LAYANAN

A.   Arti Produk
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan.
Produk memiliki tingkatan:
1.    Produk Inti,
Adalah layanan atau manfaat inti yang ditawarkan dan dapat digunakan oleh pembeli.
2.    Produk Aktual
Adalah produk formal, yang memiliki wujud. Produk formal ini memiliki 5 karakteristik yaitu: Kemasan, Ciri, Gaya, Mutu, dan Nama Merk
3.    Produk Tambahan
Adalah produk pelengkap dari dua produk sebelumnya.

B.   Penggolongan Produk
Produk dibagi menjadi 3:
1.    Barang Tahan Lama, Barang Tidak Tahan Lama, dan Jasa
2.    Barang Konsumsi
Barang Konsumsi dibagi menjadi 4:
-       Barang Konveniens (Barang kebutuhan Pokok, Barang Impulsif, Barang darurat)
-       Barang Toko
-       Barang Spesial
-       Barang yang Tidak Dicari
3.    Barang Industrial
Barang Industrial dibagi mejadi 3:
-       Bahan dan Suku Cadang (Bahan Baku, Bahan Jadi, Suku Cadang)
-       Barang Modal (Instalasi, Peralatan, Aksesori)
-       Suplais dan Jasa (Bahan Bantu dan Jasa Bisnis)

C.   Strategi dan Keputusan Merk/ Kemasan
Setelah menentukan jenis produk, tahap berikutnya adalah menentukan merk, kemasan, label dan atribut produk lainnya.



Strategi untuk produk ini dibagi menjadi 4 tahapan:
1.    Keputusan atribut produk
Pada saat memutuskan atribut produk, perusahaan mengutamakan atribut produk yang berwujud seperti mutu, cirri dan desain produk untuk dikomunikasikan.
2.    Keputusan Merk
Merk adalah nama, istilah, tanda, symbol, desain atau kombinasi dari semua hal tersebut yang berguna untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dengan produk pesaing. Alur dalam keputusan merk adalah:
a.    Memberi atau tidak member merk
b.    Menentukan sponsor merk
c.    Menentukan strategi merk
d.    Penentuan kembali posisi merk
e.    Memilih nama merk

Merk bisa diperoleh dari 3 jenis sponsor:
-       Merk Pabrikan
-       Merk Privat
-       Merk Berlisensi
Strategi yang bisa digunakan saat akan mengambil keputusan merk ada 3:
-       Merk Baru
-       Perluasan Merk
-       Perluasan Lini

3.    Keputusan Kemasan
Pengemasan adalah kegiatan merancang dan memproduksi wadah/ kemasan/ pembungkus untuk suatu produk.
4.    Keputusan Pemasangan Label
Label sama seperti Merk. Label memiliki 4 fungsi:
-       Mengidentifikasi Produk
-       Menjelaskan Tingkat Mutu Produk
-       Mendeskripsikan Produk
-       Mempromosikan Produk

D.   Keputusan Pelayanan
Layanan terhadap pelanggan juga termasuk dalam strategi produk. Perusahaan bisa mensurvei pelanggan untuk mengetahui pendapat dan penilaian mereka mengenai layanan yang telah diberikan.
Pelayanan merupakan bagian yang memiliki peranan penting pada pemasaran produk. Layanan yang baik pada pelanggan menghasilkan hasil yang baik bagi bisnis. Perusahaan dapat membentuk bagian khusus untuk melayani kemauan pelanggan.

E.   Keputusan Lini Produk
Lini produk adalah sekelompok produk yang berkaitan secara erat, baik itu fungsi, pelanggan, toko, atau range harga yang sama ataupun nyaris sama.

Untuk mengambil keputusan perpanjangan Lini Produk terdapat 3 metode:
1.    Memperpanjang ke Hilir
2.    Memperpanjang ke Hulu
3.    Memperpanjang ke Dua Arah
Setelah menetukan lini produk yang akan diperpanjang, berikutnya perusahaan aka membuat keputusan untuk mengisi lini produk, modernisasi lini produk dan keputusa member cirri lini produk.
ss=Ms � t a �� (� SpMiddle style='margin-left:.75in;mso-add-space: auto;text-align:justify'>Pada dasar segmentasi dengan menggunakan pendekatan pembelian, perusahaan akan membagi pasar berdasarkan Organisasi yag berfungsi sebagai pembelian, Struktur kekuatan, Sifat hubungan yang ada, Kebijakan pembeli umum, dan kriteria pembelian.

4.    Faktor-faktor situasional
Perusahaan akan membagi segmentasi pasar berdasarkan urgensi, penggunaan khusus dan besarnya pesanan.
5.    Karakteristik pribadi
Perusahaan akan menitik beratkan pada kesamaan pembeli-penjual, sikap terhadap resiko, dan kesetiaan.

D.   Menetapkan Sasaran Pasar dan Posisi Keunggulan
Setelah menentukan segmentasi pasar, tahap berikutnya adalah menentukan sasaran pasar dan posisi keunggulan.

Pasar sasaran adalah kelompok pembeli yang actual dan potensial yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang sama yang perusahaan tetapkan untuk dilayani.
Ada 3 strategi dalam menentukan sasaran pasar:
1.    Pemasaran Serba Sama
Pemasaran serba sama melayani keseluruhan pasar denga tawaran pasar. Kelebihan dari pemasaran sama adalah penghematan biaya. Kelemahannya adalah ketika dalam pengembangan produk atau merk yang dimaksud untuk memuaskan konsumen.
2.    Pemasaran Serba Aneka
Perusahaan memilih untuk melayani beberapa segmen pasar dan merancang tawaran tersediri untuk setiap segmen. Kelebihan dari Pemasaran serba aneka ini adalah menghasilkan total penjualan yang lebih besar dari Pemasaran Serba sama. Kelemahannya adalah tingginya biaya usaha.
3.    Pemasaran Terpusat
Perusahaan berfokus pada marketshare yang besar dalam sebuah atau beberapa subpasar. Kelebihan dari pemasaran terpusat adalah perusahaan dapat mencapai posisi pasar yang kuat dalam segmen yang dilayani karena pengetahuannya yang lebih luas akan kebutuahn segmen itu dan reputasi khusus yang diperolehnya. Perusahaan juga dapat menikmati penghematan usaha karena adanya spesialisasi. Sebaliknya, resiko pasar khusus juga sangat tinggi.

Setelah sasaran pasar ditentukan proses selanjutnya adalah menentukan posisi pasar unggulan.

Tahapan untuk memilih dan menentukan possisi pasar unggulan adalah:
1.    Mengidentifikasi Keunggulan Kompetitif yang Mungkin
Penentuan posisi berawal dengan adanya diferensiasi sebagai nilai lebih atas perusahaan pesaing. Diferensiasi dapat meliputi: Diferensiasi Produk, Diferensiasi Jasa, Diferensiasi Personil, dan Diferensiasi Citra.
2.    Memilih Keunggulan Kompetitif yang Tepat
3.    Mewujudkan dan Mengkomunikasikan Posisi yang Dipilih

 (Sumber: Dasar Pemasaran Phillip Kotler)

Tidak ada komentar: